Aisyah Aftita Kamrasyid; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan postur pergelangan tangan dan karakteristik tukang ojek dengan keluhan Carpel Tunel Syndrome di kecamatan kramat jati jakarta timur tahun 2015


Latar Belakang. Carpal Tunnel Syndrome adalah gangguan kesehatan yang disebabkan terperangkapnya dan atau karena adanya penekanan pada nervus medianus yang melewati terowongan karpal. Jumlah sepeda motor semakin meningkat di Indonesia. Pada tahun 2010, Indonesia menduduki peringkat ke-3 untuk sepeda motor terbanyak. Salah satu penyebab munculnya keluhan Carpal Tunnel Syndrome adalah postur yang kurang ergonomis pada tangan saat bekerja.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan postur pergelangan tangan dan karakteristik tukang ojek dengan keluhan CTS pada tukang ojek di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur.

Metode. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah tukang ojek di Kecamatan Kramat Jati yang berjumlah 96 orang. Instrument penelitian berupa kuesioner. Data dianalisis dengan Uji Chi-square dan Uji Fisher.

Hasil. Berdasarkan uji chi square didapatkan bahwa ada hubungan antara postur pergelangan tangan dengan keluhan CTS dengan (p value 0,003). Selain itu jika dilihat dari karakteristik responden, usia (p value=0,046 dan indeks masa tubuh (p value=0,013) memiliki hubungan bermakna dengan keluhan CTS pada tukang ojek. Sedangkan lama kerja, riwayat penyakit, penggunaan APD, dan masa kerja tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan keluhan CTS.

Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui tukang ojek yang mengalami keluhan Carpal Tunnel Syndrome sebanyak 72 responden (75%). Terdapat hubungan yang bermakna antara postur pergelangan tangan dan beberapa karakteristik tukang ojek dengan keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada tukang ojek. Tukang ojek sebaiknya melakukan latihan dan peregangan pada tangan dan pergelangan tangan yang sederhana selama 4-5 menit setiap jam.

Kata kunci: postur pergelangan tangan, ojek, keluhan CTS
Aisyah Aftita Kamrasyid - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FKK UMJ
2015
S1 Kedokteran
LOADING LIST...
LOADING LIST...