Annisa Ratnaningtyas; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan dan sikap tentang penyakit demam tifoid pada remaja di madrasah pembangunan Uin jakarta tahun 2015


Latar Belakang. Demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan bakteri Salmonella typhi. Salmonella typhi dapat masuk melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri dan bakteri ini menyerang manusia pada bagian saluran pencernaannya. Demam tifoid biasanya banyak ditemui di kota besar, salah satunya adalah Kota Jakarta. Seperti yang kita ketahui, remaja memiliki hobi jajan akan tetapi mereka kurang peduli akan kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsinya. Sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat kepedulian mereka tentang menjaga kesehatan masih kurang.

Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap tentang penyakit demam tifoid pada remaja.

Metodologi Penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah siswa di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Alat ukur pada penelitian ini adalah kuesioner dan analisa data univariat.

Hasil. Hasil penelitian ini adalah mayoritas responden pernah menderita demam tifoid, yakni sebesar 57%, dimana 33,7% dari persentase tersebut adalah perempuan. Gambaran tingkat pengetahuan tentang penyakit demam tifoid pada remaja diketahui mayoritas berpengetahuan kurang, yakni sebesar 46,5%, dimana masing-masing 23,25% dari persentase tersebut adalah perempuan dan laki-laki. Dan gambaran sikap tentang penyakit demam tifoid pada remaja diketahui mayoritas memiliki sikap kurang yakni sebesar 86%, dimana 45,3% dari persentase tersebut adalah perempuan.

Kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah remaja di MA Pembangunan UIN Jakarta mayoritas pernah menderita demam tifoid dan terbanyak pada perempuan. Pengetahuan dan sikap pada remaja ini kurang pada perempuan dan laki-laki.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Demam Tifoid
Annisa Ratnaningtyas - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FKK UMJ
2015
S1 Kedokteran
LOADING LIST...
LOADING LIST...