Anthika Deciyanti; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran tingkat depresi terhadap pelaksanaan ujian teori pada mahasiswa program studi kedokteran universitas muhammadiyah jakarta


Latar Belakang: Depresi adalah gangguan mental yang merupakan penyebab utama kecacatan mental diseluruh dunia dan penyumbang utama untuk beban global penyakit sebesar 50% kasus. Depresi merupakan penurunan mood yang berkepanjangan atau terus menerus, penurunan rasa senang dan berfikiran negatif.

Tujuan: Diketahuinya gambaran tingkat depresi terhadap pelaksanaan ujian teori pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Metode Penelitian: Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 angkatan 2014 Program Studi kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Alat ukur pada penelitian ini adalah kuesioner dan analisa data univariat.

Hasil: Gambaran tingkat depresi pada mahasiswa terhadap pelaksanaan ujian teori di akhir sistem yaitu 42% responden memiliki tingkat depresi ringan, 36% memiliki depresi minimal, 20% memiliki depresi sedang dan 2% memiliki depresi sedang berat. Responden yang berumur 19 tahun kebawah memiliki tingkat depresi ringan sebesar 82%. Sedangkan 58% responden perempuan dan 42% responden laki – laki memiliki tingkat depresi ringan.

Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 angkatan 2014 PSKd FKK UMJ memiliki gambaran tingkat depresi ringan terhadap pelaksanaan ujian teori yang dimiliki sebagian besar oleh mahasiswa dengan umur 19 tahun ke bawah, tidak ada perbedaan tingkat depresi antara jenis kelamin perempuan dan laki - laki.

Kata kunci: Tingkat depresi, mahasiswa kedokteran, dan ujian teori
Anthika Deciyanti - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FKK UMJ
2015
S1 Kedokteran
LOADING LIST...
LOADING LIST...