Ardiansyah; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan pengunaan kontrasepsi suntik KB 3 bulan selama 1 tahun dengan peningkatan tekanan darah di rumah sakit ibu dan anak (RSIA) cikarang medika periode September 2014- September 2015


Latar belakang. Peningkatan tekanan darah adalah perubahan volume darah atau elastisitas pembuluh darah sistol maupun diastol yang bertambah 10 mmHg atau lebih, yang diukur melalui Sphigmomanometer. Peningkatan tekanan darah memiliki penyebab yang multifaktorial, salah satunya adalah penggunaan kontrasepsi suntik hormonal.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran angka kejadian peningkatan tekanan darah pada subjek penelitian dan hubungan penggunaan suntik KB 3 bulan selama 1 tahun dengan peningkatan tekanan darah.

Metode. Penelitian ini menggunakan studi cross-sectional. Pengambilan sampel sebanyak 80 responden dengan teknik consecutiv sampling. Penelitian dilakukan pada akseptor suntik KB 3 bulan selama 1 tahun, analisis data menggunakan uji Chi-square.

Hasil. Hasil didapatkan Sebagian besar mengalami peningkatan tekanan darah sebanyak 58.8% dan hasil analisis bivariat menggunakan uji Chi-square diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Penggunaan suntik KB (p value
Ardiansyah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FKK UMJ
2015
S1 Kedokteran
LOADING LIST...
LOADING LIST...