Ardy Oktaviandi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di wilayah kerja puskesmas kacang pedang kota pangkalpinang, bangka belitung tahun 2015


Latar Belakang. Hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia yang sering ditemukan pada pelayanan kesehatan primer dengan prevalensi yang tinggi, yaitu sebesar 25,8% sesuai dengan data Riskesdas 2013. Disamping itu, pengontrolan hipertensi belum adekuat meskipun obat-obatan yang efektif banyak tersedia.

Tujuan. Untuk mengetahui faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Puskesmas Kacang Pedang Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung Tahun 2015.

Metodologi Penelitian. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional menggunakan kuesioner. Uji statsistik menggunakan chi square. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober dengan sampel sebanyak 110 orang.

Hasil. Terdapat 80,0% responden yang menderita hipertensi. Hasil didapatkan 61 orang (55,5%) yang memiliki riwayat keturunan hipertensi. Terdapat 82 orang (74,5%) yang berusia diatas 35 tahun. Jenis kelamin laki-laki berjumlah 51 orang (46,4%) dan terdapat 59 orang (53,6%) berjenis kelamin perempuan. Sebanyak 27 orang (24,5%) merokok. Terdapat 38 orang (34,5%) obesitas. 65 orang (59,1%) yang tidak melakukan aktivitas fisik . 64 orang (58,2%) mengkonsumsi makanan asin . Terdapat 59 orang (53,6%) mengkonsumsi kopi dan 9 orang (8,2%) mengkonsumsi alkohol . 22 orang (20%) tingkat streesnya ringan, 17 orang (15,5%) tingkat stressnya sedang, dan 4 orang (3,6%) tingkat stressnya parah. Terdapat 5 variabel yang diketahui memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian hipertensi (p-value < 0,05) yaitu riwayat keturunan, usia, obesitas, konsumsi kopi dan stress. Terdapat 5 variabel yang diketahui tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian hipertensi yaitu jenis kelamin,merokok, aktivitas fisik, konsumsi garam, dan konsumsi alkohol .

Kesimpulan. Riwayat keturunan, usia, obesitas, konsumsi kopi, dan stress merupakan faktor risiko hipertensi di Puskesmas Kacang Pedang Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung Tahun 2015.

Kata Kunci: Hipertensi, Riwayat Keturunan, Usia, Jenis Kelamin, Merokok, Obesitas, Aktivitas Fisik, Konsumsi Makanan Asin, Konsumsi Kopi, Konsumsi Alkohol, Stress
Ardy Oktaviandi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FKK UMJ
2015
S1 Kedokteran
LOADING LIST...
LOADING LIST...