Army Oktavianto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Profil perawat bangsal dengan nyeri pinggang bawah di RSUD Koja Jakarta Utara tahun 2015


Latar Belakang. Nyeri pinggang bawah (NPB) adalah kumpulan gejala yang menyatakan bahwa ada keluhan nyeri pinggang ataupun tulang belakang bagian bawah. Gejala ini dapat timbul sebagai akibat dari kelainan visceral, muskuloskeletal, ataupun neurologik. Gejala ini banyak di derita perawat.

Tujuan. Untuk mengetahui profil perawat bangsal yang menderita NPB.

Metode. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Menghitung kadar IMT. Lama kerja. Perhitungan kadar nyeri menggunakan metode VAS dengan skala 0-10 dengan kriteria 0 (tidak terasa nyeri), 1-3 (terasa ringan), 4-6 (terasa sedang), 7-9 (terasa berat), 10 (terasa sangat berat). Dengan kriteria inklusi responden merasakan kadar nyeri ≥ 3. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2015.

Hasil. Didapatkan 188 responden, dengan laki-laki 28.8% (n=34) dan perempuan 71.2% (n=84) dengan umur berkisar 20-55 tahun dengan paling banyak memiliki berat badan normal. Kadar nyeri sedang (4-6) paling banyak dirasakan responden. lokasi nyeri pinggang bawah menajalar ke samping 44.1%, pinggang bawah menjalar ke leher 24.6%, dan pinggang bawah menjalar ke pelvis, pinggul dan bokong 31.4% .

Kesimpulan. Kadar nyeri dirasakan bervariasi dengan paling banyak dirasakan oleh responden adalah nyeri sedang. Lokasi NPB juga bervariasi tergantung dari etiologi nyeri. Berat badan, IMT, Lama Kerja yang terlalu berlebih dapat menambah kejadian NPB dan merupakan faktor resiko terjadinya NPB.

Kata Kunci : Nyeri Pinggang Bawah, Perawat Bangsal.
Army Oktavianto - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
FKK UMJ
2015
S1 Kedokteran
LOADING LIST...
LOADING LIST...